Minggu, 17 Maret 2013

Bermain Game Lebih Menarik dengan Augmented Reality dan Virtual Reality

Perkembangan game pada saat ini sungguh sangat pesat. dan semakin menarik dengan teknologi augmented reality atau pun virtal reality ini pemain dapat memainkan permainan seakan-akan game itu nyata dan real.

ok sekarang apa sih augmented reality itu?

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.


Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.



Jadi Agumented reality  menggunakannya dengan bantuan marker dan sebuah camera. apabila marker tersebut diarahkan ke camera maka sebuah objek 3D yang merupakan karakter game tersebuat akan muncul.

 



Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Ada beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah Marker Based Tracking.
markerbasedar
Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z.

Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality.

Markerless Augmented Reality

Salah satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode "Markerless Augmented Reality", dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia Total Immersion, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.

APAKAH ITU VIRTUAL REALITY ?
Dapat dilihat dari kata-kata yang menyusun nya, yaitu Virtual yang berarti maya, dan reality yang berarti Nyata. Jadi jika diartikan secara kasar, Virtual Reality memiliki arti Memayakan yang Nyata.
Virtual Reality menciptakan sebuah ilusi dari keadaan yang sudah di seting sedemikian rupa yang berada di suatu dunia tiga dimensi. Dunia itu diciptakan dengan komputer, dan dilihat melalui headset khusus yang memberikan respon terhadap gerakan kepala pemakai serta memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemain melihat dunia nyata. Sementara sebuah glove merespon semua gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual. Serta sebuah walker untuk merespon gerakan kaki dan memberikan efek semu kepada kaki seperti dalam dunia nyata. Sebagai contoh pemakai akan merasa berat jika berjalan dalam dunia semu berupa rawa atau pemakai akan merasa ringan jika menghadapi medan nol gravitasi seperti bulan.

Dengan penggunaan headset, glove, dan walker tersebut, maka kita akan merasakan semua yang ada di dalam dunia buatan komputer tersebut, terasa sangat nyata dan bersifat real time tapi sebenarnya hanya gambar gambar yang bersifat dinamis. Kita hanya di bawa ke dalam suatu dunia 3 Dimensi yang sudah dirancang sedemikian rupa melalui komputer.


Contoh Game dengan Menggunakan Virtual Reality

Sangat banyak game dari Virtual Reality , seperti contoh di Social Life.Apakah kalian pernah memainkan game The SIMS ?? Nah, game populer ini merupakan suatu bentuk aplikasi dari Virtual Reality,kehidupan nyata yang dibuat secara virtual. Di The SIMS, kita dapat berinteraksi dengan pemain diseluruh dunia melalui SIMS (avatar) yang kita buat. Kita dapat menjadi kuat, kaya dan populer dengan menjalankan bisnis seperti di kehidupan nyata, serta mendapatkan teman.


Pengaplikasian Virtual Reality yang lain dapat kita lihat di dunia Militer.Disini virtual Reality sudah banyak digunakan sebagai media untuk melatih prajurit-prajurit sebelum terjun langsung ke medan perang. Dengan Virtual Reality ini, prajurit tidak akan mengalami cedera yang berarti, dikarenakan latihan dilakukan dalam dunia virtual. Contohnya, simulasi perang virtual, simulasi menerbangkan helikopter, Simulasi terjun payung, dan lain-lain.



Thanks For :
  • http://www.haritsthinkso.com/2010/12/augmented-reality-adalah-teknologi-yang.html
  • http://tekno.kompas.com/read/2012/04/09/12354384/Augmented.Reality.Masa.Depan.Interaktivitas
  • http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/27/virtual-reality-and-augmented-reality-the-future-of-technology/
  • http://darkx54.blogspot.com/2012/07/virtual-reality-dalam-teknologi-game.html

0 komentar:

Posting Komentar