Sabtu, 21 April 2012

Masuknya Kecanggihan Web Sosial Media di Dunia Remaja


Kalau membahas tentang jejaring sosial sekarang sudah berkembang pesat yah jejaring sosial itu mulai dari interface, fungsi, dan kecanggihan dari beberapa jejaring sosial. dan semakin dipermudah saja pemakaian jejaring sosial itu, mulai dari anak-anak SD pun bisa menggunakan, cukup dengan pergi ke warnet yang hanya membayar Rp2000/jam atau pun dengan menggunakan smartphone. mereka sudah dapat menikmati pemakaian jejaring sosial itu.

sampai sini saya ingin memberitahu dulu apa itu jejaring sosial, jearing sosial itu sendiri adalah sebuah situs dimana kita dapat bersosialisai dengan para pengguna internet lainnya, khusunya yang sudah mempunya akun situs tersebut. beberapa jejaring sosial yang saya ketahui yaa sebagai berikut frienster, facebook, twitter, yahoo messeger, skype dll.
berikut sekilas tentang sejarang jejaring sosial itu. Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia.Tahun 1999 dan 2000 muncul situs jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal, dan cyword sengan sistem informasi searah.
Awal saya kenal dengan jejaring sosial itu pada saat saya baru masuk SMA yaa kira-kira pada tahun 2006, ketika teman MOS saya bertanya "eehh punya friendster ga?" pada saat itu masih populer dengan friendster dan saya belum tau tentang dunia jejaring sosial. dan dari teman saya itu lah saya baru dikenalkan dengan jejaring sosial. begitu kenal dengan dunia maya, setelah itu tempat main saya berubah yang tadinya dilapangan menjadi diwarnet.hhehe seperti anak kecil yang baru menemukan mainan baru sampai betah berjam-jam diwarnet.mulai dari banyak-banyakin teman padahal saya tidak mengenal sebelumnya, yahh begitu lah memang fungsinya jejaring sosial itu untuk salaing mengenal orang yang sebelumnya dikenal. lalu mendesign layout friendster itu, bersaing dengan teman-teman yang lainnya, siapa yang lauoutnya FS(friendster)nya yang paling bagus. dan manfaat yang saya dapatkan dengan menggunakan jejearing sosial FS adalah saya dapat mengerti beberapa koding HTML dan kekurangan FS sendiri adalah sulit untuk melakukan percakapan. 

Berikut informasi sejaah diciptakannya Friendster. Friendster didirikan oleh seorang program komputer bernama Jonathan Abrams di Mountain View, California pada tahun 2002 Friendster didirikan untuk menyidiakan suasana yang lebih aman dan efisien untuk bergaul dengan teman baru, dengan menjelajahi profil pengguna dan berhubung sesama teman dan sebagainya, mungkin para anggotanya memperluas jaringan teman dengan lebih cepat. Friendster.com diluncurkan pada Maret 2003 lalu digunakan oleh tiga juta pengguna dalam waktu tiga bulan pertamanya. Namun, pada pertengahan tahun 2005, Friendster kehilangan taringnya di Amerika Serikat menyusul bangkitnya MySpace dan Facebook. 

Kalau menurut tema-teman diIndonesia pemakai Friendster sudah ketinggalan zaman karena kalau menurut saya jejaring sosial Friendster itu terlalu monoton dengan cara berkomunikasi dengan member aku Friendster lainnya. atau sering dibilang kalau yang masih memakai Friendster itu alay, saya juga ga begitu ngerti kenapa dibilang alay.dan dari kekurangan friendster itulah muncul jejaring sosial yang lainnya yang lebih canggih.


Dari semakin pudarnya pengguna Friendster di dunia saya pun ikut untuk beralih ke jejaring sosial lainnya yaitu Facebook.

Berikut Sejarahnya tentang jejaring sosial yang satu ini.
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu langkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat email valid, namun, dengan pembatasan usia. 

jejaring sosial ini lah yang sangat userfriendly. setelah kepudarannya jejaring sosial friendster, saya pun beralih ke facebook. dengan facebook lah saya dapat bertemu dengan teman-teman lama saya. dari alumni saat berseklolah di SMA, SMP, maupun SD.denagn facebook silaturahmi tetap bisa terjalin terjalin.

walaupun bermunculan banyak sekali jejaring sosial seperti myspace, twitter, koprol, dll. saya lebih nyaman menggunakan facebook, karena lebih mudah mencari seseorang yang merupakan member dari facebook, sebagian sebasa seseorang dibelahan dunia pasti mempunyai akun facebook jadi lebih mudah untuk menemukan seseorang yang dicari dengan facebook.

Dan ada lagi keunggulan jejaring sosial facebook yang sangant saya rasakan yaitu sangat membantu dalam mengeshare data, pelajaran dan sebagainya. sebagai contoh dalam proses pelajaran dikampus saya. dengan menggunakan facebook membuat sebuah grup yang membernya hanya teman sekelas.. jika ada materi pembelajaran yang tidak bisa di copy langsung dapat melalui facebook, ya tentunya dengan bantuan web downloader. dan menggunakan jejaring sosial facebook juga dapat memnudahkan bagi melakukan bisnis online. dan dengan facebook juga cukup efektif tidak memerlukan hosting untuk memmasarkan barang dagangan cukup dengan banyak mengupload barang dagangan kita dialbum foto facebook kita dapan mempromasikan barang-barang yang kita jual.


perkembangan facebook semakin berkembang, dari mulai penampilan yang dahulu yang standart dan sekarang menggunakan tampilan seperti twitter menggunakan Time Line. dan keunggulan facebook terbaru yaitu dengan adanya video chat, kita dapat mengobrol dengan teman yang jauh disana dengan menggunakan webcam.  ini lah alasan mengapa facebook tetap eksis di dunia sosial network karena  facebook kreatif dan banya inovasi-inovasi yang tidak membuat para mambernya
bosan dengan tampilan yang dulu. 


Mungkin kalau bisa di katakan web apa lagi yang sangat populer saat ini,Yuotube merupakan salah  satu jawaban yang akan keluar.

Pada tahun 2007 Youtube mencapai puncak kesuksesannya dalam persaingan bisnis di internet setelah mereka memiliki ribuan bahkan sampai jutaan member baik yang aktiv dan yang tidak aktic di seluruh dunia.
Mungkin kalau bisa di katakan web apa lagi yang sangat populer saat ini,Yuotube merupakan salah satu jawaban yang akan keluar.

Pada tahun 2007 Youtube mencapai puncak kesuksesannya dalam persaingan bisnis di internet setelah mereka memiliki ribuan bahkan sampai jutaan member baik yang aktiv dan yang tidak aktic di seluruh dunia.

Semua pasti sangat familiar dengan situs yang satu ini www.youtube.com. YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Berikut adalah sedikit sejarah tentang youtube, YouTube didirikan bersama-sama oleh Chad Hurley, Steve Chen, danJawed Karim yang kesemuanya merupakan karyawan perintis paypai. Sebelum paypai, Hurley belajar desain di Universitas Indiana Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim belajar ilmu komputer bersama-sama di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Nama domain “YouTube.com” diaktifkan pada 15 Februari 2005, dan situs dibangun pada bulan-bulan yang berikut. Pencipta-penciptanya memberikan orang sebuah pratinjau pada situs mereka pada Mei 2005 dan enam bulan kemudian, YouTube muncul pertama kali secara resmi.

Teknologi pemutar video YouTube berbasis Adobe Flash Player yang memungkinkan situs ini menampilkan video yang sebanding mutunya dengan teknologi-teknologi video ada (seperti Windows Media Player, QuickTime, dan RealPlayer) yang biasanya membutuhkan pengguna menginstal plugin browser untuk menonton videonya. plugin ini diperlukan untuk menonton video Flash, tetapi hasil survei Adobe Systems menemukan plugin Flash sudah diinstal dalam 95% komputer pribadi. 

Video-video yang diunggah ke YouTube oleh pemegang rekening biasa terbatas kepada 15 menit panjangnya. Ketika YouTube diluncurkan pada tahun 2005, video lebih lama bisa di-upload, tetapi batas 10 menit dikenakan pada Maret 2006 setelah pihak YouTube menemukan banyak video yang melampaui panjang ini berbentuk cetak rompak film dan televisi. Account rekan (partner) diizinkan meng-upload video melebihi 10 menit asalkan diizinkan oleh YouTube. Batas sepuluh menit dinaikkan ke lima belas menit pada Juli 2010. Partner accounts are permitted to upload longer videos, subject to acceptance by YouTube. Ukuran File terbatas pada 2 GB untuk upload dari situs YouTube, dan 20 GB dari penggunaan Advanced Uploader yang berbasis Java.

YouTube menerima Upload video dalam kebanyakan format, termasuk.WMV,. AVI,. MKV,. MOV, MPEG,. MP4, DivX,. FLV, dan. OGG. YouTube juga mendukung 3GP, maka memungkinkan video di-upload langsung dari ponsel.

YouTube media paling cepat untuk menyampaikan berita. Dalam kasus Bom Buku, kantor Berita KBR68H langsung menggungah video tersebut sesaat setelah Bom meledak dan melukai tangan Kompol Dodi.

Bak mata pisau, Youtube juga dapat digunakan untuk melakukan black campaign. Musisi Ahmad Dhani juga mengakui bahwa dirinya menjadi korban kampanye hitam yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan mengatakan Ahmad Dhani -Yahudi Militan YouTube kemudian menjadi senjata paling ampuh untuk mempopulerkan diri, ataupun kelompok Terbukti, hingga saat ini banyak artis terkenal mengawali popularitasnya melalui Youtube Tengok saja Shinta dan Jojo yang ngetop lewat aksi lip sing Keong Racungnya, kemudian menyusul Bona Paputungan dengan "Andai Aku Gayus Tambunan”.


Kini Shinta Jojo dan Bona  telah mendapatkan popularitas dan kesempatan di jagat hiburan tanah air, disusul oleh artis pendatang baru yang kocak dan sedikit  “majenun” Udin Sedunia. Udin sedunia atau pria bernama asli Sualuddin ini  juga terkenal melalui You Tube karena mengunggah klip dan lagu ciptaannya sendiri “Udin Sedunia”.Pria asal Lombok NTB yang juga berprofesi sebagai penyiar radio ini kini  menapaki ketenaran dengan tampil di sejumlah TV Nasional Aksi berikutnya adalah Polisi yang bergoyang India. Dalam sebuah microblogging dan Jejaring sosial, video ini telah menyebar Namun, saat berita ini diturunkan, Video Joget ala Polisi India ini tidak bisa diakses dan telah dinonaktifkan oleh pemiliknya.

Kans untuk menjadi terkenal di Youtube memang cukup menjanjikan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor Hoki juga sangat berperan. Dalam fakta ini, Shinta-Jojo bahkan bisa dibilang lebih beruntung ketimbang penyanyi aslinya. Video Shinta Jojo bahkan dilihat sebanyak 6,5 juta pengguna Internet. Satu hal yang patut dicatat adalah pesan yang hendak disampaikan dalam video di Yotube haruslah tepat, jelas dan memiliki unsur pembeda, misalnya kocak, iseng, Jahil, hingga skill profesional dan tampang yang mendukung seperti Justin Beiber.


Kerugian dari sosial network
pasti terdapat kerugian yang lambat laun akan dapat dirasakan oleh pengguna, yaitu:

1. Menghabiskan berjam-jam waktu, padahal masih banyak aktivitas yang lebih berguna yang dapat dilakukan.
2. Dengan jejaring sosial dapat menyebabkan maraknya kasus kriminalitas, seperti kasus penipuan.
3. Banyak orang tua yang tidak peduli dengan keluarganya. Mereka mengutamakan untuk bertemu dengan teman lama.
4. Jejaring sosial juga bisa merusak mental bangsa kita ini apabila kita tidak bisa memilih untuk mengaksesnya untuk segi positifnya saja. Contohnya dengan adanya situs-situs porno di jejaring sosial yang berlalu lalang dan sangat melekat atau menjamur di internet itu sendiri, maka dari itu kita bisa menyebutkan jejaring sosial  bisa merusak mental bangsa kita ini apabila kita menggunakan jejaring sosial untuk sisi negatifnya saja.
5. Banyak masyarakat yang lebih suka curhat di jejaring sosial ketimbang curhat dengan orang tua ataupun orang terdekat. 
6. Dengan mengakses jejaring sosial semakin sempit ruang untuk pribadi karena dengan mudah di baca oleh orang banyak. Seperti: tempat di mana tinggal, photo-photo pribadi.


Sumber :
>http://wartapedia.com/nasional/headline/tajuk/2569-youtube-media-instan-buat-terkenal.html

0 komentar:

Posting Komentar