Jumat, 16 Desember 2011

Augmented Reality

Pertama-tama disuruh dosen project Augmented Reality saya bingung apaan lagi tuhh?? tp setelah saya cari tau apa itu AR dan liat cara kerjanya tuh kerenn.. jadi animasi bisa keluar dengan menggunakan maker yang di print pada kertas HVS biasa.. bagi saya itu hal yg menarik untuk dipelajarin. dan rasa'a pengen cepet" selesain projectnya..
segeralah saya cari-cari info tentang AR. dan skrng saya mau ksh info-info cara buat AR, kalo kalian sedang membutuhkan info membuat AR. semoga bermanfaat gan :)

Alat-Alat yang dibutuhkan saat mengerjakan project ini adalah:

Syarat Hardware'a

a. Kamera/Webcam 25Mhz Atau Lebih

b. Marker (Sudah tersedia di Software ArToolkit)

c. VGA yang 128 Mb atau Lebih

d. RAM 512 Mb atau Lebih

e. Printer Warna

Syarat Software:

a. Windows apa aja bisa

b. 3DS Max 7

c. Software Library ArToolkit ( silahkan download== > http://www.mediafire.com/?749j2xyra6jlhqq )


Langkah-langkah memasukan Object 3D kedalam ArToolKit.

1. setelah didowload ArToolKit-nya di extract terlebih dahulu.

2. Buka 3DS Max 7 kamu. Kemudian kamu buat objek 3D yg telah kamu bikin.

3. Lalu kamu eksport file Max.3D / Object 3d (hasil export akan berbentuk .WRL)

4. Hasil Export 3D disimpan dalam folder drive:\ARToolKit\bin\Wrl

7. Langkah Selanjutnya, di folder Wrl ArToolkit, pasti kamu liat ada file (.dat), nah salah satu file .DAT kamu copy lalu diganti nama file (.dat) tersebut dengan nama yang sama dengan file WRL kamu. saya ambil contoh: jika file WRL saya nama na pari.wrl, maka kamu ganti file (.dat) na menjadi pari.dat.

8. Lalu jika penamaan sudah diganti, kamu buka file (.dat) tersebut dengan notepad, kemudian kamu ganti nama asli file (.dat) tersebut dengan, nama file (.wrl) kamu. Contoh nya:

pari.WRL

0.0 0.0 0.0 # Translation

90.0 1.0 0.0 0.0 # Rotation

10.0 10.0 10.0 # Scale

9. Kemudian anda buka folder data (\ARToolKit\bin\Data) di ArToolkit.

10. Buka file (object_data_vrml) dengan notepad, didalam file tersebut ada 3 source code, nah mulai dari sini, saya jelasin maksud na apa tuh source code :

Pasti kamu liat ada tulisan :

#the number of patterns to be recognized

3

Nah itu maksudnya, pola-pola atau marker yang akan dikenali oleh kamera, kamu bisa atur lebih dari 3.

Oke lanjut, source code berikut nya adalah :

#pattern 1

VRML Wrl/(nama file).dat

Data/patt.hiro (nama pattern)

80.0

0.0 0.0

nah source code yang ini, tuk naro objek 3D yang telah kamu buat. kamu tulis nama file (.dat) punya kamu, terus kamu tulis juga nama pattern marker yang sudah disiapin oleh ArToolkit. kamu bisa pilih pattern marker na di folder : ARToolKit\bin\Data, untuk melihat pola pattern na, kamu bisa masuk ke folder: \ARToolKit\patterns. Sebagai contoh:

#pattern 1

VRML Wrl/pari.dat

Data/patt.hiro

80.0

0.0 0.0

11. Print Pattern Marker yang kamu pilih or yang kamu tadi masukin ke source code diatas, sebagai contoh saya gunakan marker hiro, jadi saya ngeprint marker Hiro. Pattern Marker bisa dilihat di folder : \ARToolKit\patterns. inget jangan di rubah ukurannya, itu sudah ukuran baku.

maker yang saya gunakan

12. Nah Langkah Terakhir Buka Folder: \ARToolKit\bin

13. Buka software SimpleVrml.exe.

14. Tunggu Proses Loading

15. Jika Kamera Telah Muncul, Maka Arahkan Marker Ke Kamera. Jadi Deh Augmented reality Reality karya Kamu.

Argumented Reality saya yang telah berhasil


0 komentar:

Posting Komentar