Sabtu, 09 Februari 2013

Tutorial Membuat Objek 3D dengan Blender

Disini saya akan membuat tutorial membuat 3D dengan menggunakan Blender tepatnya blender versi 2.59. objek yang saya buat merupakan tugas dari laporan praktium grafik komputer saya. berikut tutorialnya. pada tugas ini saya membuat sebuah robot dance yang saya beri nama hippodance. tahap pertama saya membuat badan, pilih object yang berbentuk bola yang di namakan UVsphere.

atur ukuran bola ini dengan klik S kemudian scroll menggunakan mouse. setelah itu bentuk untuk menjadi badan, tangan dan kakinya. cara ini dinamakan region yaitu menarik titik object. untuk melakukannya pertama ubah object mode menjadi edit mode . cara mudahnya tinggal klik tab pada keyboard. kemudian ubahlah object menjadi face select mode.
setelah itu mulai region dengan cara klik E pada keyboard kemudian tarik kebawah sehingga dapat membentuk object seperti ini.
setelah itu untuk menambahkan object baru jagan lupa udbah mode menjadi object mode kembali. lalu saya tambahkan object untuk mata dan mulut. menggunakan object yang bernama torus.
tahap selanjutnya adalah untuk mewarnai object. Dalam step mewarnai pilihlah objek yang ingin diwarnai, kemudia pilih material pada bagian sebelah kanan. kemudian pilih warna klik kotak yang berada dibawah Diffuse. Kemudian pilihlah warna yang diinginkan.
Ketika ingin mewarnai suatu objek namun berbeda warna. Caranya dengan pilih objek kemudian ubahlah menjadi edit mode. Kemudian pilihlah titik-titik yang warnanya ingin dibedakan. Kemudian klik tanda plus sebelah kanan kemudian lalu pilih new. Kemudian pilih warna di diffuse. Lalu klik assign. Lalu membuat alas. Agar objek tidak terlihat terbang. Dengan menggunakan objek plane.
inilah hasil jika telah dibuat alar dan latar belakang. dilihat dengan di rander cara merandernya klik F12 pada keyboard.
tahap selanjutnya adalah pemberian tulang dan animasi Untuk proses ragging pertama kita join terlebih dahulu semua objek yang akan bergerak dan tentukan terlebih dahulu tulang sesuai objeknya. Kemudian proses skining. Yaitu pilih semua objek dan tulang kemudiang klo ctrl+p dan pilih with automatic wights.
Untuk proses ragging pertama kita join terlebih dahulu semua objek yang akan bergerak dan tentukan terlebih dahulu tulang sesuai objeknya. Kemudian proses skining. Yaitu pilih semua objek dan tulang kemudiang klo ctrl+p dan pilih with automatic wights.
Pilih tampilan untuk membuat animasinya. Ubah editor tipe manjadi timeline.
kemudian untuk klik pada tulang objek kemudian pilih pose mode. Pada timeline. Tentukan objek bergerak dengan rotate, location, atau scale.
Setelah itu tentukan start and end lalu pilih titik time agar animasi bergerak. Lalu gerakan amatur sesuai keinginan kemudian klik A sehingga tulang menjadi berwarna biru lalu klik i dan plih gerakan sesuai yang telah ditentukan entah rotate, scale, dan location.
kemudian jika ingin melihat hasil animasinya klik play.

1 komentar:

andiny oktariana mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Blender', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4679/1/1.Dokumen%20Presentasi.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Poskan Komentar